Minggu, 02 September 2012

area kerja microsoft word

Pengenalan area kerja Microsoft Word

1. Tittle Bar
Tittle Bar atau baris judul digunakan untuk menampilkan nama file yang aktif. Pada bagian pojok kanan atas terdapat ikon untuk minimize, maximize, restore, dan close.
Minimize : Untuk menampilkan jendela microsoft word ke ukuran minimal berbentuk ikon.
Maximize : untuk menampilkan jendela Microsoft Word ke ukuran maksimal memenuhi layar.
Restore: untuk menampilkan ukuran jendela microsoft word yang dapat diatur panjang dan lebarnya sesuai dengan keinginan kita.
Close : untuk menutup atau keluar dari microsoft word.

2. Menu Bar
Menu Bar adalah baris yang memuat sekumpulan menu berupa tulisan, yaitu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Untuk memilih dan menjalankan menu bar, dapat dilakukan dengan mengklik menu yang dikehendaki dan kemudian akan menampilkan submenu yang berisi perintah - perintah

  • Menu File berisi perintah - perintah untuk pengerjaan ytang berhubungan dengan dokumen atau lembar kerja, seperti membuka file dokumen, menutup, menyimpan, mencetak, membuat dokumen baru, mengatur halaman percetakan, dan lain sebagainya.
  • Menu Edit, berisi perintah - perintah yang digunakan untuk menyalin, mengkopi, membatalkan perintah, mencari kata atau kalimat, mengganti kata atau kalimat secara otomatis, dan lain sebagainya.
  • Menu View berisi perintah - perintah untuk menampilkan dan mengelola berbagai toolbar dan tampilan lainnya dalam Microsoft Word.
  • Menu Insert berisi perintah  - perintah untuk berbagai proses penyisipan ke dalam dokumen, seperti penyisipan nomor halaman, gambar, diagram, grafik, simbol, dan sebagainya.
  • Menu Format berisi perintah  - perintah untuk berbagai proses pemformatan, seperti memberi garis bawah pada huruf, menebalkan huruf, mengatur ukuran huruf, memberi border/bingkai, memberi warna, dan lain sebagainya.
  • Menu Tools berfungsi menyediakan alat - alat bantu untuk mengolah data untuk mengecek ejaan, membuat mail merge, menghitung jumlah huruf dalam dokume.
  • Menu Table berfungsi menyediakan perintah - perintah dalam mengolah tabel seperti pembuatan tabel, penyisipan tabel, menghapus tabel, menulis format rumus.
  • Menu Window pada Microsoft Word berfungsi untuk menagtur tampilan berbagai dokumen yang sedang aktif.
  • Menu Help disediakan sebagai alternatif lain bagi para pemakai yang ingin memperoleh bantuan secara singkat dan jelas tentang sesuatu hal yang kurang di mengerti pada saat menggunakan Microsoft Word.
3. Toolbar adalah baris yang memuat sekumpulan ikon yang berisi perintah - perintah Microsoft Word, biasanya terletak di bawah menu bar.
4 . Ruler (Mistar) digunakan sebagai alat bantu dalam mengukur margin, tabulasi, dan paragraf. Satuan ukurannya dapat dipilih sesuai keinginan, seperti cetimeter, inchi, milimeter, point, atau pica. Ruler teridir atas 2 macam, yaitu horizontal dan vertikal.
5. Scroll Bar digunakan untuk menggeser lembar kerja yang tidak tampak pada layar agar dapat ditampilkan.
6. Status Bar terletak pada bagian bawah layar Microsoft Word. Status bar beirisi informasi mengenai halaman yang sedang kita sunting, antara lain:nomor halaman, nomor seksi, baris, kolom, dan lain sebagainya.
7. Kursor berbentuk garis vertikal yang senantiasa berkedip - kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar